Cara Mencari Nomor Induk Siswa Nasional NISN di Internet


Menjelang kelulusan siswa kelas akhir jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan Sederajat, banyak para siswa ataupun orang tua siswa yang mencari NISN di Internet. Sebenarnya NISN ini sudah bisa diketahui melalui sekolah masing-masing karena sudah terintergrasi pada Data Pokok Pendidikan sekolah secara nasional, namun bagi yang ingin mencarinya sendiri di internet tentu tidak ada larangan mengingat data ini bisa diketahui oleh publik melalui situs atau website resmi yang dikelola oleh Kemdikbud RI.

NISN singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas (saat ini Kemdikbud) yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Karena bersifat nasional, maka NISN ini bisa digunakan dimana saja diseluruh Indonesia guna kepentingan sekolah seperti persyaratan mendaftar kesekolah baru, persyaratan memperoleh bea siswa, dan lainnya.

Cara Mencari Nomor Induk Siswa Nasional NISN di Internet :
  1. Silahkan buka alamat link berikut http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Selanjutnya klik pada menu "Pencarian Berdasarkan Nama" seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut

  3. Masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir*
    *) - Penulisan nama dan tanggal lahir boleh huruf besar/kecil semua dan minimal 3 karakter
        - Penulisan tanggal lahir dengan format DD/MM/YYYY, contoh 01/12/2005
  4. Setelah data diisi lengkap selanjutnya klik tombol "Cari"
  5. Maka akan segera tampil NISN dari data siswa tersebut

Jika data siswa tidak ditemukan, coba ulangi langkah diatas hingga beberapa kali dan pastikan data yang diisi sudah benar. Namun jika NISN tetap tidak ditemukan, disarankan untuk segera menghubungi sekolah bersangkutan guna penelusuran lebih lanjut.

Sekian informasi tentang "Cara Mencari Nomor Induk Siswa Nasional NISN di Internet", semoga bermanfaat dan simak informasi kami seputar pendidikan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar