Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS CAT Tahun 2014


Tips Mengejakan Soal Tes CPNS CAT 2014 - Berikut tips mengerjakan soal tes CPNS 2014 yang menurut jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2014 mendatang.

Dalam tes CPNS 2014 ini peserta akan mengerjakan soal secara online melalui aplikasi Computer Assisted Test (CAT) di tempat yang telah disediakan panitia, soal yang akan berubah warna dari merah (belum terisi) menjadi berwarna hijau (terisi). Nantinya nilai tes akan langsung tertera pada layar yang disediakan diluar ruang tes, sehingga para peserta hanya bisa mengetahui nilai skornya setelah menyelesaikan ujian dan meninggalkan ruangan.
Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah baru sisa waktu yang ada digunakan untuk mengerjakan soal-soal yang sulit, hal itu seperti yang disarankan oleh Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana pada saat launcing simulasi CAT hari Rabu, 20 Agustus 2014.
Selain itu pelajari dengan baik dan sungguh-sungguh kisi-kisi dari materi yang akan diujikan seperti Tes Wawasan Kebangsaan =TWK (Pancasila, UUD 1945 dan Amandemennya, Tata Negara, NKRI, serta lainnya), Tes Intelegensia Umum =TIU (berhubungan dengan tingkat intelegensi verbal dan analisis seseorang),  Tes Karakteristik Pribadi  =TKP (Berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam beradaptasi dan berprestasi). Untuk TKP menurut Waka BKN Bima Haria Wibisana sebenarnya sudah tidak perlu untuk dipelajari lagi karena berkaitan erat dengan pribadi masing-masing.
Jumlah soal tes yang nantinya akan diujikan adalah 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP jadi total 100 soal tes. Dari soal-soal tersebut perserta tes harus menjawab dengan benar minimal TWK harus benar 50%, TIU harus benar 60%, dan TKP harus benar 40%. Jika dirinci berdasarkan passing grade maka batas minimal skor yang harus diperoleh adalah TWK 105, TIU 75, dan TKP 70. dengan ketentuan sama seperti pada tahun sebelumnya yaitu masing-masing kelompok soal harus terpenuhi nilai minimal masing-masing passing gradenya.
Berdasarkan informasi yang ada untuk materi Tes Kompetensi Bidang=TKB bisa ada namun bisa juga tidak tergantung pada formasi masing-masing yang pelaksanaannya setelah peserta dinyatakan lolos pada kelompok tes sebelumnya yaitu TWK, TIU, dan TKP. Jadi bagi peserta yang lolos dalam tes kelompok pertama maka masih harus mengikuti TKB ini. Namun jika formasi yang ada tidak memerlukan TKB maka lolos kelompok tes pertama secara otomatis juga lolos menjadi CPNS.

Sekian informasi tentang Tips Mengerjakan Soal Tes CPNS 2014, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar