Ujian Sertifikasi Kedua untuk Guru Mutasi dan tidak Linier


Dana tunjangan sertifikasi guru sudah cair di tahun 2014 ini, namun ada sebagian guru yang telah bersertifikast pendidik hingga saat ini tunjangan sertifikasi belum juga cair. Beberapa penyebab yang banyak ditemui dilapangan cukup beragam mulai dari data dapodinkya belum valid hingga SKTP terkait pencairan data sertifikasi belum juga terbit.
Memang untuk dapat mencairkan aneka tunjangan guru diperlukan beberapa persyaratan yang harus terpenuhi khususnya terkait pencairan tunjangan sertifikasi guru. Data dapodik valid memang menjadi tolak ukur bagi P2TK guna mengeluarkan SKTP, namun ada beberapa kehulan dari beberapa guru dan operator sekolah yang merasa data dapodiknya sudah valid namun hingga saat ini SKTP guru belum juga keluar sehingga pencairan tunjangan sertifikasinyapun ikut terhambat.
Terkait masih banyaknya rekan-rekan guru PNS maupun Non PNS (GTY) yang belum cair tunjangan sertifikasinya tersebut membuat kami menulis informasi ini dan semoga bisa memberikan informasi yang jelas bagi rekan-rekan semua.
Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh BPSDMP nomor: 13047/J/LL/2014 tentang penetapan calon peserta sertifikasi guru dan peserta sertifikasi kedua tahun 2014, peserta sertifikasi guru kedua adalah sebagai berikut:
  1. Mutasi guru yang berdasarkan atas peraturan bersama 5 menteri
  2. Mutasi guru yang disebabkan (implikasi) kurikulum 2013
  3. Mengajar mata pelajaran yang tidak linier dengan mapel yang ada di sertifikat pendidik
Pada surat edaran yang dikeluarkan oleh BPSDMP tersebut telah dijelaskan secara jelas tentang kriteria-kriteria yang menyebabkan mapel sertifikasi tidak linier. Misalnya pada seorang guru penjaskes akan dinyatakan linier jika mapel yang ada disertifikat pendidiknya adalah penjaskes, jika tidak maka secara otomatis dianggap tidak linier.


Untuk informasi selengkapnya terkait ujian sertifikasi kedua tersebut, silahkan bisa ditanyakan langsung melalui dinas pendidikan setempat.
Surat edaran BPSDMP nomor: 13047/J/LL/2014 bisa didownload melalui link di bawah ini:
Sekian dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar